• Breaking News

    Penutupan Bandara Ngurah Rai Diperpanjang Akibat Gunung Agung

    [caption width="717" align="alignnone"]Gunung Agung, Bali, mengeluarkan debu vulkanik saat erupsi, pada 27 November 2017. Status gunung ini ditingkatkan ke level paling tinggi, dan pemerintah menutup Bandara Ngurah Rai, Denpasar. AP/Firdia Lisnawati[/caption]

    Jakarta -AirNav Indonesia memperpanjang penutupan Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali. Keputusan ini didasarkan kepada Notice to Airmen (NOTAM) nomor A4274/17 mengenai perpanjangan penutupan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

    Direktur Operasi AirNav Indonesia, Wisnu Darjono mengatakan bandara ditutup sampai dengan Rabu, 29 November pukul 07.00 WITA. Sebelumnya bandara ditutup selama 24 jam hingga 28 November 07.00 WITA.

    "Erupsi Gunung Agung yang terjadi semalam menutupi ruang udara di atas Bandara I Gusti Ngurah Rai sehingga penutupan Bandara diperpanjang," kata Wisnu seperti dilansir keterangan tertulis, Selasa, 28 November 2017.

    Keputusan itu diambil oleh Kantor Otoritas Bandara bersama stakeholders. Hasilnya kemudian disampaikan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk persetujuan tadi malam.

    Rapat koordinasi tersebut menyusul peningkatan aktivitas dan erupsi Gunung Agung yang kembali terjadi malam tadi. Berdasarkan data paper test yang disampaikan pihak penyelenggara bandara dan petugas Kantor Otoritas Bandara IV, terdapat hasil NIL VA (Volcanic Ash) di area bandara, namun ruang udara telah terdampak abu vulkanik.

    Laporan data analisa dan prediksi arah serta kecepatan angin dari BMKG menunjukan arah angin datang dari utara hingga timur laut dengan kecepatan 5-10 kts. Selain itu, informasi SIGMET dari MWO Ujung Pandang menunjukan bahwa abu vulkanik bergerak ke arah selatan dan barat daya sehingga menutupi ruang udara diatas Bandara Ngurah Rai. “Airnav Indonesia Cabang Denpasar menyatakan sesuai ploting area Volcanic Ash Advisory menunjukkan bahwa jalur pemanduan lalu lintas pesawat udara telah tertutup sebaran abu vulkanik, sehingga ini membahayakan penerbangan,” ujarnya.

    Akibat penutupan ini, seluruh penerbangan dari dan menuju Bandara Ngurah Rai di Denpasar dibatalkan. “Kami dan seluruh stakeholder terkait mengedepankan keselamatan penerbangan. Jadi keputusan ini diambil demi alasan keselamatan penerbangan,” kata dia.

    Sumber: bisnis.tempo.co


    GRATIS

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    KESEMPATAN TERBATAS
    SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA
    Cara Daftar Master Dealer Leon Agen Server Pulsa Termurah
    100% GRATIS

    Post Bottom Ad

    ad728