• Breaking News

    Ada Lagi Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo, Pemerintah Tunjuk Tim Khusus


     

    Labuan Bajo - Belum lama ini, kembali terjadi tenggelamnya kapal wisata di perairan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Terkait kejadian tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pemerintah telah menunjuk tim khusus.

    "Kami sudah menunjuk tim khusus dari manajemen krisis untuk berkolaborasi dengan kementerian, lembaga terkait, dan pemerintah daerah," kata Sandiaga dalam program The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (7/8/2023).

    Ia melanjutkan, pihak Kemenparekraf sudah mengupayakan pendekatan melalui badan pengelola otorita Labuan Bajo, Flores untuk menerapkan konsep One Day In 5 DSP. 

    Dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, konsep One Day In 5 DSP ini merupakan panduan wisata yang bisa diikuti bila berkunjung ke salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) di Indonesia.

    "Kami sudah mengupayakan agar konsep ini (One Day in 5 DSP) bisa mulai diterapkan. Paling tidak secara pilot project, karena kita tidak bisa membiarkan kecelakaan ini terus berlangsung," katanya.

    Lebih lanjut, Sandi mengimbau pelaku wisata khususnya di Labuan Bajo untuk terus meningkatkan aspek CHSE (Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability.

    Sebelumnya, dikutip dari laman Kompas.com (1/8/2023) pada bulan Juli 2023 terjadi tiga peristiwa tenggelamnya kapal wisata secara berturut-turut di perairan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

    Peristiwa terbaru terjadi pada Sabtu (22/7/2023), yaitu tenggelamnya Kapal Wisata KM Teman Baik di Perairan Pantai Pink, Taman Nasional Komodo.

    Kapal wisata ini mengangkut sembilan wisatawan asal Malaysia.

    Dari kejadian ini, Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko mengatakan bahwa tiga wisatawan mengalami luka ringan dan dievakuasi ke Labuan Bajo. Sementara enam wisatawan lainnya memilih menginap di Pulau Komodo.

    Referensi: KOMPAS.com

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    KESEMPATAN TERBATAS
    SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA
    Cara Daftar Master Dealer Leon Agen Server Pulsa Termurah
    100% GRATIS

    Post Bottom Ad

    ad728